SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Ujian Masuk UGM, ITB (SNMPTN) 2011
February 19th, 2011 by tatok

Karena banyaknya yang tanya tentang UM PTN 2011, berikut ini saya kupulkan artikel atau link mengenai UM maupun SNMPTN 2011

website SNMPTN = www.snmptn.ac.id
website UM UGM = www.um.ugm.ac.id

PROGRAM BIDIK MISI

http://bidikmisi.dikti.go.id/portal/

1. Pendaftaran Bidik Misi sudah dibuka melalui snmptn undangan di

http://undangan.snmtpn.ac.id

2. Seleksi di PT dilakukan melalui (1) Jalur SNMPTN yang dilakukan dengan dua cara yaitu berdasarkan Undangan dan melalui Ujian Tulis, (2) seleksi nasional lainnya UMPN (politeknik) dan SPMB-PTAIN dan (3) Jalur seleksi lokal (mandiri) yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi
3. Jika tidak memenuhi persyaratan yang berlaku pada jalur SNMPTN Undangan, maka Kepala Sekolah masih dapat mengajukan melalui jalur SNMPTN Ujian Tulis, UMPN dan SPMB-PTAIN atau mendaftar melalui jalur seleksi masuk PT dengan seleksi lokal (mandiri) menggunakan tata cara yang ditetapkan dalam pedoman Bidik Misi edisi revisi.

Download Buku Pedoman Bidik Misi 2011

Dowload Formulir Rekomendasi Sekolah untuk Bidik Misi

    UNIVERSITAS GADJAH MADA

dari Humas UGM: Biaya SNMPTN tulis dan undangan sama
Besaran SPMA untuk kedua pola SNMPTN sama; artinya, mhs yang diterima nanti akan disodori 3 pilihan SPMA spt yg selama ini diberlakukan & diminta memilih salah satu.
Kecuali untuk yang mengikuti pola PBS-SNMPTN, diberlakukan SPMA fixed seperti SPMA pada PBS yang selama ini sudah diterapkan UGM.

Sedikit klarifikasi, dlam pola SNMPTN Undangan tidak ada ‘undangan’ yang secara fisik dikirimkan kepada sekolah/siswa. Dalam pola ini, pertama-tama Kep Sek yang harus menyerahkan (sec online)siswa-siswa yang direkomendasikan oleh beliau mengikuti jalur undangan. Aturan mengenai berapa jumlah siswa di kelas yang dapat direkomendasikan dan info-info lain yang perlu dapat diunduh di

https://undangan.snmptn.ac.id/welcome/prepage

Dari info itu juga jelas bahwa SNMPTN Undangan tidak ada tesnya.
Siapa dan berapa yang diterima sepenuhnya diserahkan pada PT yang dituju oleh pelamar.
Khusus untuk UGM, seperti telah dimuat di media massa beberapa waktu yg lalu, UGM ikut SNMPTN 100% (Artinya, UGM tidak menyelenggarakan Seleksi Mandiri). Nah, untuk SNMPTN Undangan, UGM menyediakan kuota 41% dan untuk SNMPTN Tulis, UGM menerima 59% dari total daya tampung S1 tahun 2011.

Program-program penelusuran bibit unggul di UGM – yang pendaftarannya sdh dibuka sejak 3 Jan yg lalu, sementara SNMPTN Undangan baru dibuka tgl 1 Febr – diintegrasikan ke dalam SNMPTN Undangan. Artinya, nama2 yang lolos dalam seleksi oleh UGM akan menjadi bagian dari kuota 41% dari total mahasiswa baru dan disetorkan ke SNMPTN dan diumumkan pada tgl 18 Mei 2011. Jadi, pengumuman di web www.um.ugm.ac.id masih berlaku.

================

    Menjawab Pertanyaan

    1. Apakah PBS ada ujian tertulis, terus verifikasi online yg tanggal 4 Maret itu maksudnya apa?
    2. di website ada tulisan jalur PBS diseleksi lewat berkas (apa berarti tidak ada ujian tulis?), tapi katanya “kalo PBS ga ada ujian tertulisnya, kenapa harus memilih lokasi ujian? di form pendaftaran online nya ada pemilihan lokasi ujian dan pengisian draft untuk lembar jawaban ujian?”

    Humas UGM:
    PBU non PBUTM yaitu Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi Beasiswa (PBUBB), Penelusuran Bibit Unggul Olah Raga dan Seni (PBOS), Penelusuran Bibit Unggul Pembangunan Daerah (PBUPD) dan Penelusuran Bibit Unggul Swadana (PBS) tetap berjalan sesuai dengan jadwal dengan beberapa modifikasi pelaksanaan verifikasi dengan mempertimbangkan aturan SNMPTN undangan.
    Pengumuman PBU non PBUTM akan diintegrasikan dengan SNMPTN undangan (bersamaan dengan pengumuman SNMPTN undangan melalui panitia pusat SNMPTN).

    Nah, karena sudah diintegrasikan ke SNMPTN Undangan (yang tidak ada tes), maka PBS juga tidak ada tes. Mengingat kompetisi di antara peserta PBS melulu administratif/berkas (nilai rapor + sertifikat2 kejuaraan), maka agar dapat menyeleksi calon-calon yang benar2 berkualitas, pada tgl 4 Maret 2011 diadakan verifikasi online. Maksudnya, para calon akan online dari tempat masing2 dan menjawab beberapa pertanyaan online. Jadi, yg dimaksud dengan ‘lokasi ujian’ adalah kota di mana calon akan melaksanakan verifikasi online.

    3. Apa kalau sudah ikut PBS masih bisa ikut SNMPTN (misalnya undangan dengan memilih selain UGM?)
    Humas UGM :
    Jika calon sudah ikut PBS UGM, sebaiknya tidak usah ikut SNMPTN Undangan, meskipun memilih selain UGM. Sebenarnya calon dapat saja melakukan hal itu, hanya masalahnya, UGM akan kesulitan dalam melakukan kontrol utk mengecek apakah calon, jika diterima di UGM, diterima juga di PTN lain.
    Meskipun sistem IT SNMPTN (yang dikembangkan oleh UGM, UI, dan ITS) akan mampu mendeteksi jika terjadi duplikasi, namun tetap saja hal itu akan membutuhkan effort ekstra untuk menyaringnya.
    Kesimpulannya, jika memang mantap untuk belajar di UGM, silakan calon tetap pada pola PBS UGM; sementara jika calon ragu2, keikutsertaan pada PBS bisa saja dibatalkan dan biaya pendaftaran akan dikembalikan UGM (jika demikian, hari ini, 28 Febr 2011 adalah hari terakhir untuk mencabut) dan calon dapat mengikuti SNMPTN Undangan Nasional yang memberinya 2 pilihan PTN.

    NB:
    1. SNMPTN Undangan dimulai pendaftarannya tgl 1 Februari yg lalu,
    sementara PBU UGM sudah lebih dahulu, yakni per tgl 3 Januari 2011. Karena sudah berjalan, maka UGM dibolehkan menjalankan seperti itu. Tahun depan UGM tentunya akan mengadopsi SNMPTN secara lebih penuh.
    2. Pola SNMPTN Undangan ini baru pertama kalinya dilaksanakan secara nasional, sehingga pasti banyak kekurangan di sana-sini. Evaluasi akan dilakukan bersama setelah itu.

    Biaya masuk ITB 2011 & Tips Bayar Murah kuliah di ITB

    cat: ini adalah tulisan Dr. Sonny SW, dosen Teknik Sipil ITB
    __________________________________________
    Pertanyaan pertama : gimana caranya masuk ITB? berapa biaya pendaftaran ujiannya?
    1. Daftar secara online di http://www.snmptn.ac.id/
    2. Mengenai pembayaran, jumlahnya sbb (salah satunya saja, sesuai program studi yang ingin dipilih):
    Kelompok IPA dan IPS : Rp. 150.000,- (dapat memilih maksimum 2 program studi)
    Kelompok IPC : Rp. 175.000,- (dapat memilih maksimum 3 program studi)
    Ujian Keterampilan : Rp. 150.000,- (khusus Fakultas Seni Rupa & Desain)
    3. Jenis Ujian SNMPTN 2011 ・
    Jalur Ujian Tulis :
    Tes Potensi Akademik (TPA).
    Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP) :
    Tes Bidang Studi Dasar : Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
    Tes Bidang Studi IPA : Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
    Tes Bidang Studi IPS : Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

    Khusus bagi peminat FSRD, diharuskan untuk mengikuti Ujian Keterampilan yang dilaksanakan dua hari setelah pelaksanaan ujian tertulis.
    Peserta Ujian Keterampilan dapat mengikuti ujian di PTN yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan atau PTN terdekat dari tempat pendaftaran peserta yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan sesuai dengan pilihan peserta.
    jawaban selengkapnya ada di link berikut : http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-3.htm (tentang tata cara pendaftaran) dan link http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-2.htm (tentang persyaratan peserta).
    __________________________________________
    berapa sih biaya masuk ITB tahun 2011?berapa sih biaya total belajar di sana nantinya?
    Jadi, biaya pendidikan di ITB ada dua:
    1. Biaya pendidikan di muka (BPM). dibayar satu kali di awal masuk ITB.
    Besarnyamaksimal Rp55.000.000 (ada diskonnya juga lho. makanya baca
    sampai akhir ya)
    2. Biaya pendidikan per semester (BPP). dibayar setiap awal semester kuliah. Besarnya Rp5.000.000/semester.
    __________________________________________
    Waduh, kok mahal banget ya biayanya? ada gacaranya biar bisa bayar murah?
    Hoho,, tentu ada sodara-sodara.
    Begini, ikutin tipsnya ya:
    Ternyata kita bisa meminta diskon
    Biaya BPM yang 55juta itu, bahkan tersedia diskon 100% bagi lebih dari 600 orang. Begini caranya:
    1. Download dan isi formulir permohonan diskon BPM di [link ini] atau di sini : http://www.itb.ac.id/usm-itb/form-bpm-2011-t.pdf
    2. Pada bagian permohonan subsidi, jangan lupa centang/pilih yang 25%, 50%, 75%, atau yang 100%
    3. kirim formulirnya. Boleh lewat fax, email, atau pos, ke alamat:
    Loket Direktorat Pendidikan ITB
    Gd. CCAR ITB lt. 1
    Jl. Tamansari no. 64 Bandung
    kode pos 40116
    Telp.: 022-2508519, 022-4254016
    Faks.: 022-2508519
    E-mail: usmitb@pusat.itb.ac.id

    3. Siapkan bukti-bukti yang mendukung. Bukti-bukti ini diserahkan saat pendaftaran mahasiswa baru nanti (setelah pasti diterima). Misalnya:
    - Slip gaji orang tua (kalau ada. kalau ga ada bikin sendiri aja, tulis aja gaji yang kecil. hehe,, tapi jangan boong yak )
    - Surat keterangan RT/RW daerah asal. Jadi berupa keterangan kalau
    keluarga tidak mampu membayar banyak untuk masuk ITB.
    - Surat keterangan kondisi keluarga. Misalnya jumlah keluarga dan kondisi pekerjaannya. Lebih direkomendasikan bagi anda yang punya banyak adik-adik yang masih sekolah, jadi terlihat kalau tanggungan beban orang tua itu besar sekali, hoho .

    4. Spesial: Bagi calon mahasiswa yang sejak awal hanya berminat untuk memilih Program Studi Astronomi (FMIPA), Program Studi Meteorologi (FITB), dan/atau Program Studi Oseanografi (FITB) dapat mengajukan permohonan Beasiswa Minat berupa subsidi 100% BPM. Untuk itu pemohon harus menyerahkan Formulir Pilihan Program Studi ITB yang dapat diunduh dari situs http://www.itb.ac.id/usm-itb/form-prodi-2011.pdf paling lambat tanggal 24 Mei 2011, pukul 15.30 WIB. Formulir yang telah diisi lengkap dikirimkan melalui kantor pos, faksimili, e-mail, atau diserahkan sendiri ke alamat:

    Loket Direktorat Pendidikan ITB
    Gd. CCAR ITB lt. 1
    Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
    Telp.: 022-2508519, 022-4254016
    Faks.: 022-2508519
    E-mail: usmitb@pusat.itb.ac.id

    5. Kalau BPM sudah “beres”, maka
    tinggal mencari beasiswa untuk membayar BPP. Di sini banyak tersedia beasiswa, misalnya beasiswa ITB untuk semua (BIUS http://www.itbuntuksemua.com ).
    6. Jangan lupa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan rejeki lebih biar bisa kuliah di ITB. Syukur-syukur kalo ga perlu minta diskon biar masuk kampus itu, apalagi kalau bisa memberikan sebagian rezeki kita buat meringankan beban yang lain. InsyaAllah pahala lho
    __________________________________________
    Info lebih lanjut?
    - buka situs ini: http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-t-4.htm
    - komen aja di mari.
    atau
    - Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :
    Kantor Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan
    Direktorat Pendidikan ITB
    u.p. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa
    Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung
    Telepon : 022-4254016
    Telepon : 022-61083601
    Faksimili : 022-2508519
    E-mail : usmitb@pusat.itb.ac.id

    BERITA KORAN

Tiga Universitas Paling Diburu Calon Mahasiswa
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/03/22/brk,20110322-322087,id.html
SELASA, 22 MARET 2011 | 18:42 WIB
…cut…
Berikut peringkat 10 perguruan tinggi negeri di Indonesia dengan jumlah
pendaftar terbanyak lewat SNMPTN 2011 jalur undangan.
1. Universitas Gadjah Mada, 34.922 pendaftar
2. Universitas Indonesia, 32.363 pendaftar
3. Universitas Padjadjaran, 27.292 pendaftar
4. Universitas Diponegoro, 23.010 pendaftar
5. Universitas Brawijaya, 21.560 pendaftar
6. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 19.258 pendaftar
7. Universitas Negeri Yogyakarta, 19.254 pendaftar
8. Institut Pertanian Bogot, 17.203 pendaftar
9. Universitas Negeri Surabaya, 16.655 pendaftar
10. Univesitas Negeri Semarang,16.258 pendaftar
…dst

Lolos Undangan, Bisa Kuliah di PTN Manapun
http://edukasi.kompas.com/read/2011/02/20/1627324/Lolos.Undangan.Bisa.Kuliah.di.PTN
Minggu, 20 Februari 2011 | 16:27 WIB
PADANG, KOMPAS.com — Mahasiswa undangan yang dinyatakan lulus berdasarkan penjaringan prestasi akademik bisa kuliah di salah satu dari 60 perguruan tinggi negeri, kata Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Prof Musliar Kasim. Musliar di Padang, Minggu (20/2/2011), mengatakan, penerimaan mahasiswa
undangan tersebut juga berasal dari sekolah yang terakreditasi dan minimal tiap sekolah diberikan formasi 25 persen dari siswa terbaik mereka melalui program SNMPTN 2011…dst

SNMPTN UNDANGAN : “Track Record” Sekolah Dinilai PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2011/02/18/12225289/.Track.Record.Sekolah.Dinilai.PTN
Perguruan tinggi akan bersikap adil dalam seleksi melalui jalur undangan, yakni bukan semata- mata melihat kualitas sekolah, tetapi juga kualitas siswa…dst

53.850 Kursi di Jalur Undangan
http://cetak.kompas.com/read/2011/02/17/03505489/53.850.kursi.di.jalur.undangan
17 Februari 2011
Jakarta, kompas – Tersedia 53.850 kursi di perguruan tinggi negeri bagi mahasiswa baru yang masuk melalui jalur undangan. Jumlah ini sekitar 33 persen dari 165.034 mahasiswa baru yang akan diterima melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri…dst

Unnes Tegaskan tak ada Tawar-menawar SNMPTN Undangan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/02/16/164440-unnes-tegaskan-tak-ada-tawarmenawar-snmptn-undangan
Rabu, 16 Februari 2011, 21:35 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Universitas Negeri Semarang menegaskan, dalam penerimaan mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan, pihaknya tidak mengenal istilah ‘tawar-menawar’…dst

Unsrat Siapkan 700 Kursi untuk Mahasiswa Kurang Mampu
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/02/02/203648/88/14/Unsrat-Siapkan-700-Kursi-untuk-Mahasiswa-Kurang-Mampu
Rabu, 16 Februari 2011 12:35 WIB
MANADO–MICOM:< Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara (Sulut), menyediakan kuota 700 kursi bagi mahasiswa kurang mampu untuk kuliah gratis hingga menyandang predikat sarjana..dst

GUNA MENGGALI POTENSI SDM
Unpad Gelar Program Beasiswa Bidik Misi

http://www.pikiran-rakyat.com/node/135410
RABU, 16/02/2011 – 15:27
BANDUNG, (PRLM).-Untuk menggali potensi sumber daya manusia serta alam yang terdapat di wilayah selatan Jawa Barat, Universitas Padjadjaran menggelar sosialisasi program beasiswa Bidik Misi ke wilayah tersebut..dst

ITS Juga Undang Sekolah Nonfavorit
http://edukasi.kompas.com/read/2011/02/17/19144934/ITS.Juga.Undang.Sekolah.Nonfavorit
Kamis, 17 Februari 2011 | 19:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Meskipun siswa kelas 3 SMA/SMK/MA dari sekolah-sekolah berakreditasi A atau sekolah favorit lebih dilirik perguruan tinggi dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri, peluang siswa dari sekolah berakreditasi B dan C juga tetap terbuka lebar…dst

Sekolah Akreditasi C Tetap Punya Peluang
http://cetak.kompas.com/read/2011/02/18/04374683/sekolah.akreditasi.c.tetap.punya.peluang
Jumat,18 Februari 2011
Jakarta, Kompas – Meskipun perguruan tinggi negeri lebih melirik siswa dari sekolah berakreditasi A yang akan diterima melalui jalur undangan, siswa dari sekolah berakreditasi B dan C tetap mempunyai peluang yang cukup lebar…dst

Siswa Tak Mampu Diundang ke ITS
http://edukasi.kompas.com/read/2011/02/17/19051782/Siswa.Tak.Mampu.Diundang.ke.ITS
Kamis, 17 Februari 2011 | 19:05 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Siswa kelas 3 atau lulusan SMA dan sederajat dari keluarga tidak mampu diminta tidak takut untuk mendaftarkan diri dalam seleksi masuk secara nasional maupun lewat jalur mandiri di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya…dst

FK Unud, Khusus 75 Juta, Umum 25 Juta
http://edukasi.kompas.com/read/2011/02/18/1624545/FK.Unud.Khusus.75.Juta.Umum.25.Juta
18 Februari 2011
DENPASAR, KOMPAS,com – Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar, Bali menawarkan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur khusus dengan biaya sekitar Rp 75 juta, sedang jalur umum hanya Rp 25 juta…dst

Pendaftaran Online SMK Sulit
http://www.pikiran-rakyat.com/node/135721
SABTU, 19/02/2011 – 07:57
BANDUNG, (PRLM).- Sejak pendaftaran jalur undangan dibuka pada 1 Februari lalu, SMK menemui kesulitan untuk mendaftar secara online…dst

Unsri Masih Tunggu Pendaftar Jalur Undangan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/382822/
Saturday, 19 February 2011
PALEMBANG(SINDO) – Universitas Sriwijaya (Unsri) masih menunggu pendaftar untuk jalur undangan.Pasalnya,hingga kini Unsri baru menerima 158 orang untuk jalur ini. Di mana,88 peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dan 70 orang lainnya merupakan pesertabidikmisi(BM)…dst

Belum Paham Pendaftaran, Sekolah Sulit Input
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/02/21/137523/Belum-Paham-Pendaftaran-Sekolah-Sulit-Input
21 Februari 2011
SEMARANG-Kesulitan beberapa sekolah menengah atas (SMA) dalam menginput data untuk pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) Jalur Undangan…dst

Jalur Undangan Masih Membingungkan Guru
http://cetak.kompas.com/read/2011/02/21/03420371/jalur.undangan.masih.membingungkan.guru
Senin, 21 Februari 2011
Purwakarta, Kompas – Sekolah di daerah masih kesulitan memproses pendaftaran siswa berprestasi melalui jalur undangan di seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri karena kurangnya sosialisasi. Selain itu, penerapan program ini dinilai terlalu mendadak…dst

Pendaftaran Ujian Online SNMPTN Harus Perhatikan Daerah
http://www.tempointeraktif.com/hg/kesra/2011/02/20/brk,20110220-314724,id.html
MINGGU, 20 FEBRUARI 2011 | 19:12 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Pendaftaran ujian SNMPTN melalui sistem online perlu dikaji ulang. Menurut bekas Rektor Universitas Diponegoro Semarang, Eko Budihardjo, kebijakan penerapan pendaftaran ujian SNMPTN secara online dinilai masih timpang. Eko mengatakan ada kesenjangan yang jauh dalam hal infrastruktur antara Pulau Jawa dan luar Jawa…dst

Sistem Pendaftaran SNMPTN Online Secara Optional
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/02/20/brk,20110220-314617,id.html
Minggu, 20 Februari 2011 | 06:44 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Pengamat Pendidikan dari Perguruan Taman Siswa Darmaningtyas mengatakan sistem pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur online dilakukan secara optional. “Daerah-daerah yang belum memiliki internet agar diadakan jalur manual,” kata Darmaningtyas kepada Tempo…dst

Jalur Undangan Tantangan bagi PTS
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/02/22/137711/Jalur-Undangan-Tantangan-bagi-PTS
22 Februari 2011
SEMARANG- Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan dipandang sebagai tantangan bagi perguruan tinggi swasta (PTS). Untuk itu, sistem tersebut harus menggunakan tolak ukur yang jelas, agar ada keadilan bagi
PTS…dst

Minim, Pendaftar Jalur Undangan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/02/24/137939/Minim-Pendaftar-Jalur-Undangan
24 Februari 2011
SOLO – Pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan nasional masih minim. Pihak sekolah masih banyak menahan diri dan melihat-lihat perkembangan pendaftaran…dst

Calon Mahasiswa Bidik Misi Dirugikan Kesalahan Pendaftaran Jalur Undangan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/02/25/138094/Calon-Mahasiswa-Bidik-Misi-Dirugikan
25 Februari 2011
SEMARANG-Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Semarang menemukan kesalahan sekolah saat meng-input data siswa yang seharusnya di jalur bidik misi, tetapi diklik pada jalur reguler…dst

SOSIALISASI SNMPTN
Latar Foto Kartu SNMPTN Diharuskan Biru?

http://edukasi.kompas.com/read/2011/02/24/19371476/Latar.Foto.Kartu.SNMPTN.Diharuskan.Biru

Kamis, 24 Februari 2011 | 19:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu orang tua murid di SMA Labs School, Jakarta Timur, mengaku heran melihat petugas sosialisasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan mensyaratkan peserta didik agar tidak menggunakan background foto berwarna merah untuk kartu pendaftaran. Petugas tersebut menyarankan, kalau mau aman latar foto yang diginakan sebaiknya berwarna biru…dst

Asal Jujur, ITB Bisa Subsidi 100 Persen
http://edukasi.kompas.com/read/2011/02/26/07303528/Asal.Jujur.ITB.Bisa.Subsidi.100.Persen
Sabtu, 26 Februari 2011
BANDUNG, KOMPAS.com  Institut Teknologi Bandung (ITB) menawarkan berbagai skema keringanan pembayaran biaya pendidikan selama berkuliah meski pernah menyebut bahwa biaya untuk masuk ITB di tahun 2011 mencapai Rp 55 juta per tahun. Sebaliknya, kejujuran dari orang tua mahasiswa juga dituntut agar subsidi bisa tepat sasaran…dst

JALUR UNDANGAN
Ada Laporan Dugaan Nilai Rapor Didongkrak

http://cetak.kompas.com/read/2011/03/03/04474376/ada.laporan.dugaan..nilai.rapor.didongkrak
Kamis,03 Maret 2011
Solo, Kompas – Komisi IV DPRD Kota Solo mendapat laporan dugaan manipulasi nilai seorang siswa di sebuah sekolah menengah atas negeri di Kota Solo. Komisi IV akan menyelidiki hal yang diduga dilakukan agar siswa yang juga anak kepala sekolah bersangkutan dapat mengikuti jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) undangan…dst

UGM Jadi Kampus Tertinggi Pendaftar SNMPTN Jalur Undangan
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/03/08/brk,20110308-318347,id.html
SELASA, 08 MARET 2011 | 08:10 WIB
TEMPO Interaktif,YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada menjadi perguruan tinggi negeri yang berhasil menjaring jumlah pendaftar tertinggi masuk ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan di seluruh Indonesia. Posisi teratas itu diraih Fakultas Kedokteran UGM dengan pendaftar mencapai 4500 calon dari seluruh Indonesia. “Hingga hari ini, sudah ada 4500 pendaftar untuk Fakultas Kedokteran saja, kalau totalnya ada 13.421 pendaftar dari seluruh Indonesia yang memilih UGM,” kata Juru Bicara UGM Suryo kepada Tempo…..dst

Pendaftar Jalur Undangan ITB Baru 6.000 Siswa
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/03/08/brk,20110308-318479,id.html
SELASA, 08 MARET 2011 | 14:30 WIB
TEMPO Interaktif, Bandung – Beberapa hari menjelang penutupan pendaftaran lewat jalur undangan, Institut Teknologi Bandung baru menerima 6000-an siswa calon mahasiswa baru. Mereka berasal dari pelajar Sekolah Menengah Atas, karena ITB tidak menerima pendaftaran alur undangan dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan Ketua Penjaringan Mahasiswa ITB Mindriany Syafila mengatakan, pendaftar terbanyak berasal dari siswa SMA asal Jawa Barat. Jumlahnya sekitar 2000 orang. “Selanjutnya dari SMA Jakarta dan Jawa Timur, masing-masing sekitar 600-700 siswa,” katanya, Selasa (8/2). Sisanya berasal dari berbagai SMA lainse-Indonesia..dst

Pendaftar SNMPTN Undangan Diimbau Hindari Hari Terakhir
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/03/08/168088-pendaftar-snmptn-undangan-diimbau-hindari-hari-terakhir
Selasa, 08 Maret 2011, 22:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Lokal Semarang mengimbau pendaftar SNMPTN jalur undangan menghindari hari terakhir pendaftaran karena akses situs pendaftaran diprediksi padat. “Trafik akses situs pendaftaran saat hari terakhir kemungkinan akan tinggi dan dikhawatirkan macet,” kata Koordinator Sosialisasi dan hubungan Masyarakat Panitia SNMPTN Lokal Semarang, Prof. Fathur Rokhman di Semarang, Selasa (8/3)…dst

SNMPTN Jalur Undangan Akan Ditutup Sabtu (12/3)
http://www.pikiran-rakyat.com/node/137443
SELASA, 08/03/2011 – 16:27
BANDUNG,(PRLM).-Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan akan ditutup pada Sabtu (12/3). Meski hanya menyisakan waktu tiga hari lagi, panitia SNMPTN mencatat masih banyaknya sekolah dan peserta yang belum memasukkan seluruh data dengan lengkap. Sekretaris Eksekutif SNMPTN Panlok Bandung Prof. Asep Gana Suganda menghimbau kepada para kepala sekolah agar segera menyelesaikan database siswa yang direkomendasikan untuk mengikuti SNMPTN jalur undangan. selain itu, para siswa yang sudah direkomendasikan pun diimbau untuk segera melakukan pendaftaran secara online melalui laman undangan.snmptn.ac.id. “Dari seluruh sekolah dan siswa yang sudah terdaftar, masih banyak sekolah yang belum memasukkan seluruh data siswa yang akan direkomendasikan. Begitu pula masih banyak siswa yang belum mendaftar secara individu,” kata asep dalam siaran persnya, Selasa (8/3). (A-157/kur)***

Jumlah Pendaftar Beasiswa Bidik Misi Membeludak
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/03/09/139346/Jumlah-Pendaftar-Beasiswa-Bidik-Misi-Membeludak

09 Maret 2011
SOLO- Pendaftar beasiswa bidik misi Kemendiknas yangdibarengkan dengan pendaftaran melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) sistem undangan nasional, membeludak. “Dari 7.000-an pendaftar yang sudah masuk ke UNS, ternyata ada 1.200 yang langsung mencantumkan sebagai peserta seleksi penerima beasiswa bidik misi. Ini luar biasa banyak,” kata Prof Dr Ravik Karsidi MS, ketua panitia SNMPTN Lokal 44 Solo, kemarin. Dia menuturkan, dibandingkan dengan tahun lalu saat pemerintah mengeluarkan program tersebut, pendaftar tidak sebanyak kali ini. Tahun lalu, UNS menerima jatah 400 mahasiswa, yang mendaftar
tidak sampai 800-an. Bahkan karena sepi peminat, penerima bidik misi diambil tiga tahap. Pertama disaring dari mahasiswa jalur PMDK, tetapi hanya terserap 159. Berikutnya diberikan kepada mahasiswa saringan SNMPTN, juga masih sisa 51 dan akhirnya diberikan kepada mahasiswa program diploma…dst

Jurusan Filsafat dan Sastra Nusantara UGM Sepi Peminat
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/03/08/brk,20110308-318605,id.html
SELASA, 08 MARET 2011 | 19:26 WIB
TEMPO Interaktif, Yogyakarta- Program Studi Ilmu Filsafat dan Program Studi Sastra Nusantara di Universitas Gadjah Mada sepi peminat. “Sastra Nusantara dan Filsafat dari tahun ke tahun memang masih kurang diminati, dan termasuk tahun ini,” kata Kepala Humas dan Protokol Universitas Gadjah Mada Suryo Baskoro di kantornya, Selasa, (8/3). Dari data yang diperoleh Tempo, calon mahasiwa yang mendaftar kedua program studi ini masih kurang dari 100 orang hingga siang kemarin. Padahal Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan tahun ini akan ditutup pada Sabtu(12/3) mendatang. Suryo mengatakan kedua program studi ini sebenarnya sudah lama berdiri. Namun, dari tahun ke tahun belum ada perubahan yang signifikan mahasiswa yang masuk program studi ini. Sebagai contoh, data tahun angkatan 2009/2010, Program studi Ilmu Filsafat hanya diminati oleh 271 mahasiswa. Padahal daya tampungnya sebanyak 83 orang. “Perbandingan daya tampung dan jumlah pendaftar hanya 1:3,” katanya. Tahun berikutnya, peminat program studi ini menurun menjadi 135 dengan daya tampung 82. Artinya, peminat grogram studi ini hanya 1:1,7 dibanding daya tampungnya ….dst

SNMPTN Jalur Undangan tak Akan Diperpanjang
http://www.pikiran-rakyat.com/node/137684
KAMIS, 10/03/2011 – 17:34
BANDUNG,(PRLM).- Meski sejumlah sekolah mengaku masih bingung dengan sistem pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur undangan, panitia tidak akan memberikan perpanjangan waktu pendaftaran. Sesuai dengan jadwal, penutupan jalur undangan SNMPTN akan tetap ditutup pada Sabtu (12/3)…dst

Jalur Undangan Diberi Perpanjangan Waktu Lengkapi Data Hingga Selasa (15/3)
http://www.pikiran-rakyat.com/node/137825
12 Maret 2011
BANDUNG, (PRLM).- Para siswa yang sudah membayar biaya pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan diberi perpanjangan waktu untuk melengkapi data sampai Selasa (15/3) mendatang. Namun, untuk pendaftaran dari pihak sekolah tetap ditutup hari ini, Sabtu (12/3) pukul 12.00 WIB. Anggota Tim Teknis Panitia Pusat SNMPTN sekaligus Koordinator Jalur Undangan Yoni Kusmaryono mengungkapkan, pihaknya tidak memperpanjang waktu pendaftaran karena waktu yang diberikan cukup lama, yaitu enam minggu atau sejak 1 Februari lalu. Menurut Yoni, siswa yang bisa diberi waktu sampai 15 Maret adalah mereka yang sudah membayar dan telah direkomendasikan sekolahnya. “Kami menunggu sampai 15 Maret sebelum pukul 00.00 WIB. Ketika dia sudah direkomendasikan dan membayar pendaftaran, siswa tersebut memiliki hak untuk diseleksi jalur undangan. Kami memberi kesempatan ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak bisa diprediksi seperti jaringan internet yang sulit,” kata Yoni yang dihubungi Jumat (11/3). Yoni mengimbau agar pendaftaran dan melengkapi data bisa dilakukan secepat mungkin. Kalau memang sekolah sudah terlambat merekomendasikan siswanya pada tahun ini, kesempatan untuk mendaftar jalur undangan bisa dilakukan pada tahun depan atau mengikuti SNMPTN jalur tes tertulis. Pengumuman hasil seleksi jalur undangan akan berlangsung pada 18 Mei mendatang. (A-187/das)**

UNS Coret Sekolah Curang
http://edukasi.kompas.com/read/2011/03/12/19501977/UNS.Coret.Sekolah.Curang
Sabtu, 12 Maret 2011 | 19:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com  Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) akan mencoret sekolah yang diketahui berbuat curang dengan memanipulasi nilai rapor calon mahasiswa baru lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan. Pembantu Rektor I UNS Ravik Karsidi, Sabtu (12/2011) di Solo, mengatakan hal itu terkait dugaan salah satu sekolah yang melakukan manipulasi nilai untuk masuk ke perguruan tinggi lewat SNMPTN jalur undangan. Ravik mengungkapkan, UNS sampai sekarang belum menemukan adanya dugaan manipulasinilai tersebut, tetapi apabila ada pasti akan ditindak. “Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru lewat SNMPTN jalur undangan dilakukan dengan mesin atau komputer. Jadi, secanggih-canggihnya yang melakukan manipulasi nilai pasti akan ketahuan,” katanya. Pendaftar seleksi calon mahasiswa baru lewat SNMPTN jalur undangan di UNS sudah mencapai lebih dari 7.000 orang dan ditutup 12 Maret 2011…dst



17 Responses  
  • Lya writes:
    February 23rd, 20111:16 amat

    yang UGM itu infonya dari mana ya
    kata guru saya snmptn undangan harganya sama seperti pbs
    saya masih bingng dengan info info ini


    Info nya langsung dari dari kepala HUMAS UGM
    ini email asli tanya jawab Saya dengan Beliau:
    pertanyaan
    > Pak Suryo ysh ,
    > Apakah besaran SPMA untuk SNMPTN undangan dan SNMPTN tulis sama njih Pak?
    jawaban
    Besaran SPMA untuk kedua pola SNMPTN sama; artinya, mhs yang diterimananti akan disodori 3 pilihan SPMA spt yg selama ini diberlakukan & diminta memilih salah satu.
    Kecuali untuk yang mengikuti pola PBS-SNMPTN, diberlakukan SPMA fixed seperti SPMA pada PBS yang selama ini sudah diterapkan UGM.

  • winda writes:
    February 25th, 20115:21 amat

    klo pbs diintergrasikan ke snmptn undangan berarti anak yang hanya mengikuti snmptn undangan tidak ikut pbs dll peluangnya kecil ?
    terimakasih

    kalau yang sudah ikut PBS kan tidak bisa ikut undangan dan sebaliknya, karna pengumuman diterimanya kan bareng. Tapi kan masih ada ujian tulis SNMPTN happy
    peluang memang tidak seperti dulu yang bisa ikut berbagai macam jalur, sekarang siswa harus mempersiapkan diri lebih keras seperti jaman dulu yang hanya ada satu jalur yaitu UMPTN.
    -goodluck-

  • susan writes:
    February 27th, 201111:52 pmat

    bagaimana yang tamatan 2010
    apakah tidak bisa jalur undangan padahal berprestasi
    apakah kesempatan tertutup?


    Saya cek di website UM & SNMPTN, kelihatannya memang tidak bisa Mbak Susan.
    untuk yang lulusan tahun lalu disediakan jalur SNMPTN tertulis.

    mengenai kenapa nya, saya kira itu hak panitia sebagai penyelenggara, kita sebagai peserta hanya bisa mengikuti big grin
    -goodluck-

  • lintang writes:
    February 28th, 20115:13 amat

    jadi materi verifikasi online itu ap saja?
    apa sperti rencana pbs sebelumnya,tes bakat skolastik?atau materi tes pelajaran sesuai jurusan yang d pilih?ipa/ips/ips?
    trimakasih

    Materinya ya seputar info dari dokumen yang dikirim, panitia ingin memastikan bahwa data yang dikirim itu valid.
    -goodluck-

  • Vin writes:
    March 2nd, 20114:00 amat

    saya berada di kalimantan selatan, apakah saya bisa mengikuti verifikasi online di kota saya.? terima kasih


    Saya kira kok tidak masalah, karena diwebsitenya tidak ditulis tentang kota.

    http://um3.ugm.ac.id/index.php/page/183
    Pengumuman Verifikasi Akademik Program Undangan PBS

    Verifikasi akademik Program Undangan PBS akan dilaksanakan secara online pada hari Jumat, 4 Maret 2011, tepat pada pukul 09.00 WIB dan selesai paling lambat 09.33 WIB.
    Peralatan yang harus disiapkan pada saat online :
    Kartu Peserta Program Undangan PBS.
    Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
    Kartu Peserta SNMPTN Undangan bagi yang mendaftar SNMPTN Undangan.
    Mekanisme pelaksanaan verifikasi akademik :
    1. Peserta membuka laman Ujian Masuk UGM dengan alamat http://um.ugm.ac.id/
    2. Mengisi Nomor Peserta PBS dan Nomor Induk Siswa, sesuai yang tertera pada Kartu Peserta Program Undangan PBS.
    3. Verifikasi akademik akan dilaksanakan selama 33 menit, yang terdiri dari :
    A. Petunjuk pengisian.
    B. Verifikasi administrasi.
    C. Verifikasi potensi akademik.

  • iin writes:
    March 7th, 20114:24 amat

    saya mau tanya, kata tmen saya yang d sekolah lain kalo udah ikut jalur pbs tidak boloeh ikut jalur snmptn undangan lg yya ? tp kalo kta ugmnya cuma dianjurkan jangan memilih kedua-duanya saja. sebenarnya yang mana sih yang benar?
    trus saya mau tanya, kemarin kan saya tidak ikut verifikasi pbs apa berarti saya sudah gagal pd seleksi pbsnya? trus bagaimana jika saya ingin mengikuti snmptn undangan apa boleh?
    mohon penjelasannya yya….


    penjelasan yang saya tulis tersebut langsung dari Humas UGM, kalau temen Iin dapat berita dari mana ya?
    ya sebenarnya kalau ikut keduanya maka UGM yang jadi bingung nantinya, kalau diterima di SNMPTN undangan dan PBS. Saat ini karena masa transisi, UGM tidak bisa melarang untuk ikut keduanya. untuk tahun depan mungkin sudah tidak bisa karena sudah dijadikan satu, kemarin itu karena adanya perubahan mendadak dimana UGM yg sudah membuka jalur PBS diputuskan ikut 100% UMPTN.
    jadi menurut saya, dicoba saja mendaftar lagi, kalau tidak boleh tentu nanti akan ditolak oleh sistem pendaftaran.
    -goodluck-

  • miel writes:
    March 10th, 20116:09 amat

    apakah kalo ga ngisi SPMA dianggap gugur untuk jalur snmptn undangan?

    Saya kurang tahu persisnya untuk masalah ini, tapi Saya kira tidak gugur, nanti kalau diterima kan biasanya ada verifikasi lagi/mengisi berkas lagi, salah satunya mengenai SPMA
    -good luck-

  • novania writes:
    May 17th, 20112:24 pmat

    bagaimana dengan siswa yang tidak lulus seleksi SNMPTN Undangan , berpeluangkah masuk di UGM lewat SNMPTN Tertulis.?


    Peluang tetap sama dg yg tidak ikut Undangan, karena yg dinilai/ditandingkan di Ujian Tulis adalah hasil kerjaannya saja.
    -goodluck-

  • Henry Dasdo writes:
    May 17th, 201111:52 pmat

    Kalo boleh bertanya. .
    Kuota SNMPTN Undangan dibangingkan SNMPTN tertulis apa ya ?

    SNMPTN undangan rata-rata quotanya 60% dari daya tampung mbak, jadi cukup besar dibanding SNMPTN Tulis.
    namun quota berbeda-beda tiap Univ.
    IPB quotanya 70%, UI 65%
    bisa di baca di Kompas

    Sedangkan UGM quotanya berkisar antara 17-54%, tergantung Fakultas.
    Menurut HUmas UGM, kuota 17 persen ini antara lain dilakukan oleh Fakultas Agronomi dan yang 54 persen dilakukan oleh Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM. “Ini sesuai dengan kapasitas dan minat, kapasitas di fakultas itu besar dan minatnya juga besar sehingga FEB dan FK bisa sampai 54 persen untuk jalur SNMPTN UNDANGAN

  • han2 writes:
    May 19th, 20115:36 pmat

    kalau mau ikut pbs ga bisa ya? cuma ada buat jalur undangan?


    Kelihatannya sudah tidak bisa, saat ini hanya tinggal SNMPTN Tulis dan Ujian masuk SEKOLAH VOKASI UGM

  • vrilisda writes:
    May 22nd, 20115:09 pmat

    tolong info PTN yang buka jalur mandiri dong?? kalo bisa beserta tgl dan harga formulirnya ya. trimakasih sebelumnya happy


    Jalur mandiri sudah tidak ada di ITB-UGM, tapi ITS masih ada, bisa dicari di jawaban pertanyaan-pertanyaan di web ini, di situ sudah pernah saya sertakan termasuk tanggal-tanggalnya juga.
    -goodluck-

  • harly writes:
    June 14th, 201110:53 pmat

    wah ku ngak paham masalah ini…
    soalnya ku ngak pernah ngikutin jalur UMPTN..

  • eko writes:
    June 16th, 20119:23 amat

    assalammualaikum wr.wb..terima kasiih atas informasi dan postingannya..sebagai saran bagaimana kalau ditambah info dari universitas lainnya juga. big grin


    Boleh Mas, kalo mas Eko ada info lainnya silakan kirim ke saya (tatok at ugm.ac.id) nanti i.A saya published happy

  • dian writes:
    June 22nd, 20117:19 amat

    hai blogger..salam kenal..
    good information.. kalo bisa minta dibuatkan pdf nya mas..bisa ngak big grin


    Mohon maaf, kapasitasnya cuma sedikit Mas, gak bisa nyimpan file-file besar
    mungkin bisa di copy saja ke MSword kemudian di ubdah ke pdf big grin
    salam

  • fia writes:
    February 12th, 20126:05 amat

    pendaftaran jalur PBOS UGM sampai kapan?
    mohon info persyaratan apa saja yang di butuhkan,..

    UGM 100% SNMPTN, jadi tidak ada lagi PBOS, PBUB dll, tapi prestasi olah raga, prestasi akademik, dan juara lomba-lomba dihitung dalam SNMPTN Undangan. Saat ini baru SNMPTN Undangan yang buka, untuk mendaftar harus didaftarkan oleh Kepala Sekolah.
    persyaratannya bisa lihat Web SNMPTN atau Web UM UGM

  • ARmi writes:
    February 28th, 20127:20 pmat

    link download buku pedoman sama formulirnya kok not found gan ?
    mohon bantuannya…


    di website UM UGM kan cukup lengkap, coba buka http://www.um.ugm.ac.id
    atau http://www.snmptn.ac.id

  • add writes:
    May 31st, 20128:40 amat

    admin
    klo seseorang udah di terima snmptn jalur undangan pada jurusan A
    apa bisa diganti dengan jurusan B
    bagaimana prosedurnya ?

    Untuk pindah harus ada alasan khusus, misalnya Buta warna, karna ada jurusan/prodi yg mensyaratkan tidak buta warna, maka yg buta warna akan disuruh milih ke beberapa Jur/prodi yg tidak mensyaratkan buta warna, biasanya masih dalam satu fakultas


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *


+ 5 = nine

»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
- valtrex buy online no prescription - where to buy asacol - cell spy phone - levitra buy -