SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Apa itu Diploma IV (D4) ?
May 7th, 2010 by tatok

Pada beberapa kesempatan, sering saya baca pertanyaan mengenai Diploma IV atau D4. sebagian besar pertanyaannya bisa dikelompokkan menjadi dua: Apa itu D4 dan apa bedanya dengan S1.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus membagi jalur pendidikan menjadi dua, jalur akademis dan jalur profesional.
menurut beberapa referensi, jalur akademis terdiri dari S0-S1-S2-S3 atau Strata 0 (non gelar) – strata 1 (Sarjana) – strata 2 (Master) – strata 3 (Doktor), sedangkan jalur profesional terdiri dari D1 (Diploma satu)-D2(diploma dua)-D3 (diploma tiga)-D4 (diploma empat)-Sp1(spesialis satu)-Sp2(spesialis dua).

Program pendidikan D3 mungkin sudah sering kita dengar tapi D1, D2,D4, sp1 dan sp2 yang mungkin tidak begitu akrab ditelinga masyarakat luas. Bisa dikatakan D1 itu program kuliah satu tahun, D2 dua tahun dan D3 tiga tahun, sedangkan D4 empat tahun. D4 itu setara dengan S1/Sarjana di jalur profesional, sedangkan spesialis satu itu setara dengan Master, sp.2 setara dengan Doktor.

mungkin lebih mudah dicontohkan di bidang kedokteran jalur akademisnya adalah S.Ked (S1), M.Si/MPH (S2), dan Dr (S3), sedang jalur profesionalnya dr/dokter, spesialis 1 (Sp.A/Sp.B/dst) dan speasialis 2 (Sp.A(K)/sp.B(K)/dst). namun di sini sepertinya dokter tidak bisa di samakan dengan D4 tapi mungkin Spesialis 0.

Selanjutnya, apa beda D4 dengan S1?
Dilihat dari jumlah SKS yang harus diambil, D4 dan S1 sama banyaknya, yaitu 144 SKS, tapi kalau dilihat dari kurikulumnya, D4 menitik beratkan pada skill sehingga 60% praktek dan 40% Teori, sebaliknya S1 lbih menekankan pada aspek analitis dengan 40% Praktek dan 60% Teori.

diharapkan lulusan D4 ini akan siap untuk bekerja, sedangkan lulusan S1 diarahkan ke bidang Riset dan disiapkan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi sampai jenjang akademis Doktor.

Menurut wikipedia, program D4 sudah ada pada sekitar 50 persen dari politeknik negri di Indonesia yang berjumlah 26 buah.
Sedangkan untuk Universitas, baru UGM yang ada, namun ITB juga membuka D4 namun dalam bentuk kerjasama dengan lembaga atau instansi.

Universitas Gadjah Mada malalui Sekolah Vokasi sudah mendirikan D4 Teknologi Jaringan (Informatika), D4 Teknik Pemeliharaan Gedung (Sipil), dan D4 Alat berat (Mesin).

sedangkan Bidang studi yang mebuka program D4 diantaranya adalah

D4 Teknik Elektronika
D4 Teknik Telekomunikasi
D4 Teknik Elektronika Industri
D4 Teknik Mekatronika
D4 Teknologi Informasi / Teknik Informatika
D4 Teknik Komputer
D4 Akuntansi
D4 Statistika

Bagaimanakah prospek D4?
Sementara ini karna masih belum akrabnya dunia Industri dengan D4 maka belum semua kalangan industri maupun calon mahasiswa mengenal D4, malah ada HRD salah satu perusahaan yang belum tahu D4 sehingga dimasukkan ke level D3, namun setelah kami kunjungi, kami beri pengertian apa itu D4. Sehingga PENS sampai menamai robotnya D4=S1 guna mempromosikan D4 dikalangan masyarakat.
namun jangan khawatir, seiring dengan perkembangan waktu, saat ini lulusan D4 yang lebih siap kerja dibanding S1 sudah mulai diperhitungkan oleh dunia industri, lambat laun, kami optimis tidak akan lama lagi, tenaga profesional seperti pada level Engineer akan lebih banyak diambil dari lulusan D4, karna memang D4 lah yang disiapkan untuk langsung bekerja dan dibekali ketrampilan yang lebih daripada S1.

Untuk pegawai negri, alhamdulillah jenjang D4 sudah disamakan dengan S1 sehingga pertama masuk langsung masuk ke Golongan IIIA sebagaimana lulusan S1.

Bagaimana untuk studi lanjut?
lulusan D4 tentu bisa langsung melanjutkan ke jenjang S2 karna setara dengan S1. hanya sebaiknya memang melanjutkan ke jenjang S2 profesional seperti misalnya MM/MBA dan DBA untuk bidang ekonomi.

Artikel Mengenai D4
# Kesetaraan D4 dan S1
# D-4, Program Pendidikan yang Mencetak Lulusan Berkemampuan Teknis dan Manajerial



182 Responses  
  • Fahrozi writes:
    May 4th, 20152:04 pmat

    Pak apakah D4 bisa sertivikasi untuk jadi guru .

    seahrusnya bisa, coba langsung menghubungi prodi yang menyelenggarakan akta IV, PTN maupun PTS

  • maria writes:
    May 12th, 20155:31 amat

    Tahun ini saya baru mau masuk kuliah, yang jadi pertanyaan adalah saya ingin mengambil D4Teknik Informatika tetapi saya bingung apakah kelak ketika saya sudah lulus apakah saya juga bisa menjadi guru produktif TKJ? Mohon penjelasannya.

    bisa aja, nanti ambil akta IV, tapi kalau ingin jadi guru lebih baik ambil pendidikan teknik informatika/teknologi informasi di IKIP

  • Karina writes:
    May 14th, 20153:49 amat

    Slamat siang. saya lulusan DIV Tek. Informatika dan skarang sdang melanjutkn pndidikan.S2 jurusan Sistem.informasi Bisnis di Bandung.. apakah kedua jurusan ini linier. karena saya berencana nantinya akan berkarya di daerah asal saya. kemudian jika diberi kesempatan ingin sekaligus menjadi tnaga pengajar PT. . ? Mohon dijawab .Terima Kasih

    ya betul, itu masih linier, bidang komputer, linieritas bisa dilihat di web dikti.
    S2nya di ITB atau di mana mbak? itu banyak yang tanya S2 dari D4, kalau bisa mohon di share pengalamannya, makasih

  • Argita writes:
    June 22nd, 20151:40 pmat

    D4 kebidanan klinik di daerah kediri, yg swasta d maana ya info dong

    ada di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada Pare Kediri, Kediri

  • jiahnp writes:
    July 10th, 20151:15 pmat

    Assalamualaikum wr.wb, mau nanya klo prospek kerja D4 Manajemen bisnis internasional bagaimana? Apakah sangat dibutuhkan sekali, terima kasih ^^

    Saya kira semua dibutuhkan, hanya sedikit atau banyaknya tergantung perkembangan bisnis, dan yang penting adalah keahlianmu bukan lulusan apa atau lulusan mana πŸ˜€

  • do kyungsoo writes:
    July 11th, 20159:35 pmat

    pak,kalau melanjutkan studi dari d-iv gizi seharusnya ke s2 atau s1?
    terus, perguruan tinggi mana aja yang menerima d-iv gizi?

    D4 Gizi harus ke S2, bisa S2 Kesehatan Masyarakat atau S2 teknologi pangan, adek saya dari D4 Gizi sekarang sedang S2 di FK UNS, untuk Univ. lain harus langsung menghubungi bagian admisi seperti dilakukan adek saya, karna kebijakannya beda-beda

  • Imas writes:
    July 11th, 201511:12 pmat

    Apakah jurusan DIV Gizi poltekkes bisa melanjutkan S-2? Kalo iya perguruan tinggi mana saja yang menerima? Kemudian bagaimanakah prospek lulusan DIV Gizi? Terima kasih sebelumnya

    BIsa, adek saya lulusan D4 Gizi, sekarang sedang lanjut S2 di FK UNS, di PTS/PTN lain harus langsung menghubungi prodi yang dituju karna biasanya tidak tertulis, jadi harus menghubungi langsung

  • Imas writes:
    July 11th, 201511:12 pmat

    Apakah jurusan DIV Gizi poltekkes bisa melanjutkan S-2? Kalo iya perguruan tinggi mana saja yang menerima? Kemudian bagaimanakah prospek lulusan DIV Gizi? Terima kasih sebelumnya

    adek saya DV Gizi dan menjadi PNS di puskesmas, pernah diterima di S2 kedokteran UNS, tapi karena kurang orang jadi tidak bisa dibuka programnya, jadi harus cari teman untuk mendaftar agar memenuhi syarat dibukanya S2

  • sulistya writes:
    July 15th, 201512:00 pmat

    pak saya mau tanya sya di d4 analis kesehatan terus kalo mau ngambil s2 nya itu prodinya apa dan dimana? terus kalo d4 apa bisa kuliahnya itu selesai cuma 3 tahun kayak di s1?

    D4 analis mungkin bisa ke Kesehatan Masyarakat, Biologi atau Kimia, kalau D4 seharusnya tidak bisa 3 tahun, harus 4 tahun, kalau S1 baru bisa

  • Niken Safitri writes:
    July 23rd, 20155:47 amat

    Assalamu’alaikum…
    Pak saya mau tanya untuk prospek kdepannya d4 analis ksehatan poltekes gimana ya? Mendingan mana sama radiologi atau fisioterapi ?
    Makasih πŸ™‚

    Kalau saya pilih yang jarang ahlinya seperti radiologi atau fisioterapi

  • Desi writes:
    July 25th, 20153:58 amat

    Pak mau nanya agak konyol nih, kalau dr d3 bidan ad gk alih jenis kuliah ke kedokteran? Hehe makasih pak,

    kalau di indonesia tidak bisa, tapi di USA mungkin bisa

  • Zahratunisa writes:
    July 26th, 201512:50 amat

    Assalamu’alaikum pak, mau tanya pak, saya pngen bgt kuliah dokter, tp org tua saya kurang mampu dr segi finansial, kira2 dmana ya, yg biayanya murah, apa ada ya beasiswa atau sejenisnya.,?

    ada beasiswa bidikmisi, gratis kuliah dan dapat uangsaku, search aja bidik misi

  • Mulkan Fahmi writes:
    July 29th, 20158:38 amat

    Masih Bingung min. . !
    klo Masuk PNS sama ga DIV sama S1 ??

    sama, sama-sama golongan 3A

  • teguh prabowo writes:
    July 31st, 20156:06 amat

    Asalamualaikum pak. Saya ingin bertanya kalau tamatan d4 pertanian apa isa ngambil s1 pertanian juga? Kalau bisa berapa lama? Dan di usu ada gk ifu ya pak? Terimaksih pak

    dari D4 bisanya lanjut ke S2, tidak bisa ke S1

  • cici writes:
    August 1st, 20151:54 amat

    saya mau tanya pak, klo lulusan d4 keperawatan apa bisa melanjutkan ke s2 profesi medikal bedah? dan PTN mana yang bisa menerima lulusan d4 keperawatan ke s2? Terimakasih atas info nya πŸ™‚

    Sepertinya sulit, karena bedah itu hanya untuk dokter, Sp.B (Spesialis Bedah)

  • Rizky Ghozia writes:
    August 8th, 201512:59 amat

    Maaf pak mau tanya, kalau lulusan S1 mekatronika bisa melanjutkan S2 fakultas jurusan apa ya? Terimakasih.

    S1 Mekatronika apa Pendidikan Mekatronika? setahu saya belum ada S1 mekatronika adanya D3 atau pendidikan mekatronika di UNY (CMIIW), tapi keduanya sama saja bisa lanjut ke S2 Mesin, Elektro, Industri, Ekonomi atau pendidikan πŸ˜€

  • Binsar Rifaldi writes:
    August 8th, 20152:55 amat

    halo saya ingin bertanya. saya diterima di D4 teknik pp alat berat ugm dan D3 teknik mesin its. saya bingung pilih mana yg lebih baik buat prospeknya ? luas mana dan lebih dicari yang mana d dunia pekerjaan ? terimakasih. god bless you πŸ™‚

    Sorry telat jawabnya, tak lihat akhirnya ke D4 alat berat ya, bagus lah πŸ˜€
    kalau prospek kerja saya kira sama-sama bagus, cuma D4 itu setara S1, jadi bisa langsung S2, dan Alat berat itu sangat di butuhkan di banyak pekerjaan konstruksi maupun pertambangan, jadi sangat bagus prospeknya

  • dika writes:
    August 10th, 201510:34 amat

    kalau masuk D1 informatika ITS terus lanjutin ke S1 T.lingkungan apa bisa ?

    kalau dari D1 ke S1 itu sama saja ngambil S1 dari awal, jadi saya rasa bisa lah

  • yayang savita writes:
    August 17th, 201512:12 pmat

    kalau dari D4 itu boleh ga ambil profesi ners?
    trus kalau dari d4 kalau mau ke S1nya boleh engga?
    mohon bantuannya soalnya saya maba baru poltekes D4

    Ners itu sepertinya diperuntukkan bagi lulusan S1 karna di S1 lebih banyak teori, sedang D4 lanjutannya ke S2 terapan, secara praktek mungkin d4 dan ners sepadan, walau ijasah ners disetarakan dg S2, sama seperti dr dan drg yang setara S2.
    D4 ke S1 itu sama levelnya, jadi aneh kalau D4 ke S1, itu sama saja SMK kemudian ke SMA

  • via writes:
    August 20th, 20152:15 amat

    Saya mau tanya. Saya kan diterima di politeknik kesehatan semarang jurusan D4 keperawatan. Tahun ini baru mulai kuliah. Apakah setelah lulus saya bisa melanjutkan profesi ners? Dan bagaimana prospeknya setelah saya lulus nanti, karena katanya D4 yg terserap dunia kerja sedikit sekali. Dan kalau mendaftar cpns saya termasuk yg mana d3/s1 ?

    Setelah lulus mau lanjut ke NERS? mohon maaf saya kurang tahu, lebih baik langsung menghubungi universitas penyelenggara, karena aturannya bisa berubah-ubah, tahun ini bisa, mngkin tahun depan berubah jadi tidak bisa, kadang tergantung pimpinan admisi/akademik univeristas tsb.
    Soal pekerjaan saya rasa yang penting keahlianmu, bukan ijasahmu, kalau kamu ahli di suatu bidang, pekerjaan dan uang yang akan mencarimu, bukan dirimu yang mencari πŸ˜€
    kalau mendaftar CPNS akan masuk ke level S1

  • Annisa writes:
    September 20th, 20155:52 amat

    Assalamualaikum,kalau dari d-3 menlanjutkan d-4 kira2 berapa tahun ya? Dan apakah bisa dari d-3 kebidanan mengambil priodi d-4 keperawatan? Mohon penjelasannya

    kira-kira normalnya 1,5 tahun, biasanya yg diterima yang sebidang saja

  • af toharun writes:
    September 22nd, 20155:15 amat

    smk boleh langsg masuk d4 gk ?

    boleh banget, langsung saja daftar

  • dinda amalia writes:
    September 29th, 201511:59 pmat

    dari smk kesehatan apa bisa lanjut ke fakultas kedokteran ? dan syarat masuk fak kedokteran itu apa ?

    .

    coba lihat persyaratan UM/SBMPTN/SNMPTN, kalau dulu boleh yang penting lulus Ujian masuk, sekarang mungkin boleh mungkin harus dari SMA

  • akira writes:
    October 6th, 20151:45 amat

    Sya lulusan d2 perpustakaan tahun 2013, tpi sy klhiran 1982, bleh g lnjutin s1?

    boleh saja, sebagai alternatif bisa juga S1 ke Universitas Terbuka

  • Aulia writes:
    October 8th, 20159:05 pmat

    Saya rencana mau melanjutkan D4, dari lulusan D3 Kesehatan Lingkungan. tapi masih bingung.. kalo mau mekanjutkan kira2 lebih baik jurusan yang sama atau beda jurusan bisa juga? kalo jurusan D4 Kesling di mana aja ya?terimaksih

    lebih baik jurusan yang sama, D4 Kesling ada di Poltekkes Banda aceh, bandung, jakarta, semarang dan Yogyakarta

  • lian writes:
    November 24th, 20153:59 pmat

    saya mau tanya saya lulusan d4 fisioterapi, jika mau lanjut s2 kira-kira prodi apa ya?

    kalau S2 agak longgar, bisa ke IKM (kesehatan masy.), bisa ke MM, bisa ke komputer, dst

  • kavika writes:
    December 23rd, 20158:30 pmat

    mau tanya kalau misalnya nanti lulusan D4 kebidanan terus mau lanjutin S2 kira-kira jurusan apa ya ?

    biasanya masuknya ke S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, bisa juga ke Manajemen rumah sakit atau magister manajemen, atau yang lain

  • murni writes:
    January 2nd, 20163:43 amat

    Ijin pak, saya lulusan dari makassar D3 kebidanan ingin melanjutkan kuliah di jawa, tpi yg lbh baik D4 klinik apa D4 pendidik ? Trima kasih

    itu tergantung ke minat, minat ke Klinik atau ke Pendidik, karna tentunya keduanya punya keahlian berbeda

  • annisa writes:
    January 5th, 20167:39 pmat

    Pak mau tanya saya lulusan sma enaknya ngelanjutin ke s1 keperawatan apa d4 keperawatan. Sama univ nya mana pak ?terimakasih

    ke S1 keperawatan UGM saja atau D4 keperawatan Poltekkes

  • vira angela k writes:
    January 15th, 20161:54 amat

    Assalamualaikum,
    Saya mau bertanya saya masih kuliah D3 bidan setelah lulus apakah saya bisa ambil spesialis anak penyakit dalam ( s2 kedokteran) ?

    kalau spesialis (Sp.A/Sp. PD) setahu saya tidak bisa, tapi kalau S2 akademik (M.Si/M.Kes) sepertinya bisa

  • Yayah fauziah writes:
    January 18th, 20167:13 amat

    Maaf pak mau tanya, saya kan lagi kuliah d4 tp setelah lulus saya masih ingin kerja dipelayanan seperti puskes atau rs, nah sebaiknya sana ngelamar pake ijazah d4 atau d3 atau 22nya saya masukkan yah. ? Saya masih bingung sama itu pak. Makasih

    dilihat saja lowongan yang ada dan peluang ketrimanya besar mana

  • Bu Lis writes:
    January 31st, 201611:03 pmat

    Selamat Sore Mas,

    Saya mau nanya Kalau D3 Elins UGM bisa melanjutkan kemana aja ya mas, selain Pens surabaya. Baru mau lulus tahun ini mas, 2016.

    Coba tanya ke S1 Elins UGM, mungkin masih menerima alih jalur, kalau di luar UGM, misalnya di PTS bisa ke Teknik Elektro, ilmu komputer, Fisika atau bahkan dulu ada yang ke Teknik Industri


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa