SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Mengenal Diploma Teknik Elektro UGM
December 27th, 2009 by tatok

Terinspirasi tulisan Pak Agfianto eko putro tentang prodi Elektronika dan Instrumentasi UGM di Facebook, lahirlah sebuah tulisan tentang Program Diploma Teknik Elektro UGM (disingkat menjadi Prodip DTE UGM).

ada beberapa hal yang patut diketahui DTE UGM, untuk lebih lengkapnya bisa melihat ke buku panduan akademik UGM, atau melihat wesite DTE.

.

APA YANG DIPELAJARI

Bidang teknik elektro adalah ilmu teknik yang mempelajari aliran elektron dalam suatu benda dan berperan dalam gejala-gejala yang disebut kelistrikan. Seiring dengan perkembangan bidang ilmu teknik elektri cakupannya semakin luas dan untuk mencetak lulusan yang berkompetensi dalam bidangnya, maka PDTE dibagi dalam 5 (lima) konsentrasi yang diharapkan segera menjadi program studi :

1. Konsentrasi Teknik Listrik
Konsentrasi ini mempersiapkan mahasiswa pada penguasaan Sistem Tenaga (Power System) : pembangkitan energi listrik, penyaluran energi listrik (transmisi & distribusi), serta penggunaan energi listrik (instalasi), Tegangan Tinggi (High Voltage), Elektronika Daya (Power Electronics), termasuk juga Sistem cerdas (Fuzzy, AI, dst) untuk aplikasi tenaga listrik.

Teknik listrik ini beririsan dengan teknik elektronika di Elektronika Daya, dengan Teknik informatika/ilmu komputer di Sistem Tenaga terbantu komputer dan Sistem cerdas termasuk dalam Power Line Communication (jaringan Listrik menggunakan jala-jala Listrik)

2. Konsentrasi Teknik Telekomunikasi
Konsentrasi ini mempersiapkan mahasiswa pada penguasaan aktif pada teknik-teknik komunikasi modern yang terintegrasi dengan teknologi komputer dan informatika.

Konsentrasi ini beririsan dengan Teknik informatika/teknologi Informasi di bidang TIK atau ICT (Information and Communication Technology), terutama pada Manajemen Jaringan Telekomunikasi, dengan semakin berkembangnya Industri Hand Phone dan Komunikasi Wireless, bidang ini akan semakin dibutuhkan pasar.

Konsentrasi ini juga beririsan dengan bidang bidang Elektronika di level Hardwarenya atau Elektronika Telekomunikasi.

3. Konsentrasi Teknik Elektronika
Konsentrasi ini mempersiapkan mahasiswa pada penguasaan Elektronika, Instrumentasi dan Kendali. Dalam konsentrasi ini dipelajari dasar-dasar kendali, instrumentasi elektronika, sistem tertanam (Embedded system) yang menggunakan Mikrokontroler, FPGA dan PLC.

konsentrasi ini Sebenarnya berbeda dengan Teknik Kendali, tetapi karena tidak ada bidang kendali di DTE maka digabungkan, tetapi sebenarnya banyak bidang di kendali yang beririsan cukup besar dengan bidang elektronika seperti di Elektronika Industri, Robotika dan Mekatronika, demikian juga dengan instrumentasi karena untuk membuat instrumen alat ukur diperlukan pengetahuan dan keahlian elektronika.

Konsentrasi ini juga berisisan dengan Teknik Telekomunikasi di Elektronika Telkom, dengan Teknik komputer/informatika di Sistem Tertanam dan Elektronika Terbantu komputer (mempelajari pembuatan software simulasi elektronika), dan dengan Teknik Listrik di Elektronika daya. Konsentrasi ini juga beririsan dengan Teknik Material di Fabrikasi Devais semikonduktor dan nanoteknologi yang mempelajari pembuatan film tipis dan komponen elektronika.

4. Konsentrasi Teknik Komputer
Konsentrasi ini mempersiapkan mahasiswa pada penguasaan perancangan sistem terbantu komputer secara hardware maupun software. dalam kurikulum ACM atau Asosiasi Ilmu bidang komputing, terdapat bidang Teknik Komputer yang merupakan bidang perangkat keras dari ilmu komputer maupun Teknologi Informasi.

Bidang ini yang beririsan cukup besar dengan elektronika, dimana jika elektronika bermain dalam level rangkaian dan komponen, bidang ini bermain dalam level sistem. Seperti misalnya System On Chip (SoC), Teknik komputer menangani level blok (sampai komponen terintegrasi seperti misalnya level pemrograman Mikrokontroler atau pemrograman FPGA, PSoC), sedang level sampai ke rangkaian dan komponen didalam IC atau blok tersebut menjadi bagian dari elektronika.

5. Konsentrasi Teknik Jaringan
Konsentrasi ini mempersiapkan mahasiswa pada penguasaan aktif pada jaringan komputer, manajemen jaringan maupun keamanan jaringan.

Konsentrasi ini adalah gabungan antara Telekomunikasi dan Informatika/Teknologi Informasi yang sering disebut dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau ICT dalam bahasa inggris.

Dengan berkembanganya teknologi wireless dan internet, Konsentrasi ini akan makin populer dan banyak dibutuhkan.

cat: beberapa Konsentrasi sedang diajukan untuk dikembangkan menjadi program studi, diantaranya Konsentrasi Teknik komputer yang sedang diusulkan menjadi program studi D4 Teknik informatika dan Konsentrasi Teknik Elektronika yang akan menjadi D4 Teknik Elektronika

FASILITAS

DTE UGM memiliki 12 Laboratorium yang terletak di Jl. Grafika, di kompleks Fakultas Teknik UGM, di depan Lab. Teknik Pantai BPPT atau di belakang kantor GAMA PRESS.

Untuk perkualiahan, sebagian besar di selenggarakan di Jl. Yacaranda, Sekip Unit IV, yang dulunya sempat dipakai untuk kuliah Fakultas Teknik khususnya Teknik Kimia UGM.

DOSEN

DTE saat ini memiliki 16 Dosen tetap, dengan 2 Orang Doktor, 1 kandidat Doktor, Sebagian profil Dosen DTE diantaranya sbb:

1. Muhammad Arrofiq, Ph.D, Gelar Doktor Beliau selesaikan di UTP Malaysia. dari D3 s/d S3 istiqomah menekuni bidang pengontrolan motor dengan Mikrokontroller dan PLC.

2. Nur Rohman Rosyid, Setelah menyelesaikan pendidikan D3 s/d S2 di UGM, kemudian menempuh studi S3 sandwich antara KMITL, Thailand dan Tokai, Jepang, bidang riset pada rumpun Teknologi Informasi, khususnya pada Jaringan Komputer dan aplikasi IT pada Robotika.

3. Ir. Daroto, MT, Master lulusan ITB, saat ini sedang menempuh S3 di bidang Teknik LIngkungan khususnya pengaruh Medan Listrik pada lingkungan. bidang keahliannya pada Sistem Tenaga Listrik.

4. Unan Yusmaniar Oktiawati, M.Sc, setelah menyelesaikan S1 di Teknik Elektro UGM, saat ini sedang menempuh S3 di UTP Malaysia , tempat beliau mendapatkan S2 nya.



6 Responses  
  • Jurnal TELKOMNIKA writes:
    July 30th, 20109:01 pmat

    Call for Paper TELKOMNIKA Vol.8 No.3, Desember 2010
    (Paper in English dan Bahasa Indonesia)

    Jurnal Ilmiah TELKOMNIKA (Telekomunikasi, Komputasi, Elektronika dan Kendali) Universitas Ahmad Dahlan adalah salah satu Jurnal Nasional terakreditasi Dikti untuk Periode Juni 2010-Juni 2013, seusai dengan SK No.:51/Dikti/Kep/2010. Redaksi mengundang Bpk/Ibu/Sdr untuk mempublikasikan hasil penelitian di bidang Teknik Elektro, terutama yang terkait bidang: Telekomunikasi, Komputasi, Elektronika dan Kendali untuk periode penerbitan Vol.8 No.3 Desember 2010 dan setelahnya. Setiap paper yang masuk akan di-review oleh 2 Mitra Bestari (Reviewer) dengan menggunakan form penilaian yang telah ditentukan.

    Harap makalah yang dikirim ke redaksi untuk penerbitan Vol.8 No.3 Desember 2010 telah disesuaikan dengan format yang ditentukan, dan diterima redaksi paling lambat 1 Oktober 2010. Makalah yang ditulis dalam bahasa Inggris lebih dikehendaki. (Semua naskah yang dikirim wajib dilengkapi dengan abstrak in English dan Bahasa Indonesia)

    Naskah dapat dikirimkan ke email:
    telkomnika@ee.uad.ac.id
    dan/atau cc ke:
    1. Ikhsan Hidayat: xnhdy@yahoo.com.sg
    2. Kartika Firdausy: kartikaf@indosat.net.id
    3. Sunardi: sunargm@gmail.com
    4. Tole Sutikno: thsutikno@ieee.org

    Terima kasih atas perhatiannya.

  • ricardo writes:
    April 14th, 20135:24 pmat

    bisa ga ya alumni d3 melanjutkan d4 di DTE?
    meskipun beda konsentrasi

    Terima Kasih

    Semestinya bisa, itu kan tergantung kebijakan pimpinan, aturannya sedang di godhog, ya semoga saja bisa

  • Eki Bagas writes:
    April 24th, 20161:21 amat

    Sangat bermanfaat sekali , Thanks

  • Teknologi writes:
    December 6th, 20162:08 amat

    wah jadi pingin masuk tekno di UGM…

  • Info teknologi writes:
    December 9th, 20165:15 pmat

    memang ada ya diploga di ugm untuk jurusan teknik…??

    ada D3 teknik elektro, elektronika instrumentasi, teknik sipil, teknik mesin dan teknik geodesi

  • Itublogger writes:
    April 4th, 20185:28 amat

    semoga teknik di indonesia semakin maju saja. kami rakyat biasa mendoakan kemajuan itu. amin


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa